outbound bogor

Outbound Bogor, Rekomendasi Paket dan Tempat

Outbound Bogor – Sebagian besar kegiatan outbound di Bogor, yang menjadi bagian integral dari acara gathering atau outing, dapat dikelompokkan sebagai kegiatan rekreasi outbound. Meskipun bersifat hiburan, kegiatan ini tetap menyelipkan elemen pembelajaran yang signifikan pada setiap momen permainannya. Sering dikenal dengan sebutan “fun outbound,” pengelolaan acara ini memerlukan pendekatan yang berbeda dibandingkan dengan kategori pelatihan outbound.

Langkah awal yang strategis dalam perencanaan kegiatan rekreasi outbound untuk acara gathering atau outing melibatkan pemilihan tempat outbound dan pemilihan penyelenggara acara (Event Organizer – Eo). Kedua faktor ini tidak hanya mempengaruhi desain keseluruhan kegiatan, tetapi juga memiliki dampak langsung pada aspek pembiayaan outbound. Sebagai seorang ahli dalam ilmu pariwisata, petualangan, dan program outbound di Bogor, pemilihan dengan cermat lokasi dan Eo menjadi langkah kritis untuk menjamin keberhasilan suatu acara.

Outbound rekreasi atau fun outbound di Bogor merupakan suatu platform yang menyuguhkan beragam simulasi permainan outbound, seringkali menjadi bagian integral dari berbagai acara seperti gathering perusahaan, tur, outing kantor, rafting, paintball, dan bahkan aktivitas petualangan (Adventure).

Namun, perlu dicatat bahwa outbound sebenarnya adalah suatu metode pembelajaran berbasis pengalaman dalam konteks pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Metode ini pertama kali diusulkan oleh Dr. Kurt Hahn, seorang ilmuwan Yahudi, pada tahun 1941.

Menariknya, meskipun konsep awal outbound dikembangkan sebagai alat pembelajaran, banyak dari kita saat ini cenderung menganggapnya sebagai hiburan semata pada acara family gathering, outing perusahaan, dan kegiatan rekreasi lainnya yang membutuhkan elemen permainan untuk menciptakan atmosfer yang menyenangkan di awal acara.

Menyimak kebijakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Nomor 3 Tahun 2021), para praktisi outbound kini dikategorikan sebagai pemandu wisata, serupa dengan pemandu di taman rekreasi atau ecopark, walaupun dengan fokus dan wahana yang berbeda.

Sebuah pertanyaan menarik muncul: mengapa metode pendidikan outbound yang digagas oleh Dr. Kurt Hahn ditempatkan di bawah Kementerian Pariwisata, bukan Kementerian Pendidikan? Pertanyaan ini menciptakan refleksi mengenai peran outbound dalam pengembangan SDM di Indonesia.

Namun, dalam tulisan ini, fokus tidak akan dibahas pada perdebatan mengenai posisi outbound di Kementerian Indonesia. Lebih kepada narasi tentang sejarah dan perkembangan outbound, lokasi outbound di Bogor, serta berbagai paket yang ditawarkan. Selain itu, tulisan ini juga akan menjelaskan perdagangan jasa outbound sebagai sarana rekreasi dibandingkan dengan outbound sebagai metode pelatihan SDM, kedua hal ini seringkali terlihat abstrak dan sulit dipahami oleh orang awam.

Pengertian dan Sejarah outbound

outbound bogor

Outbound merupakan sebuah produk ilmu pengetahuan yang memanfaatkan medium di luar ruangan, khususnya melalui permainan kreatif dan edukatif yang melekat erat pada aktivitas yang diinspirasi oleh ilmuwan Jerman keturunan Yahudi, Kurt Hahn (5 Juni 1886, Berlin – 14 Desember 1974, Hermannsberg). Permainan-permainan yang disajikan dalam konsep ini menciptakan koordinasi antara aktivitas fisik, emosi, olah pikir, dan kepekaan terhadap lingkungan.

Kata “outbound” sendiri diambil dari dua suku kata, yaitu “outward bound” dengan menghilangkan kata “ward” pada “outward,” dan sebagian lainnya merujuk pada frasa dalam bahasa Inggris, yaitu “out of boundaries,” yang mengandung makna “keluar dari batasan dan/atau keluar dari halangan.”

Outbound memiliki tujuan utama untuk pengembangan kemampuan sosial kelompok (team/character building) serta pengembangan individu (personal development). Pendekatan ini dilakukan melalui berbagai metode, seperti permainan, stimulasi, diskusi, dan petualangan, yang menjadi media utama dalam penyampaian pembelajaran.

Outbound dan kelembagaan

Outbound yang merujuk pada konsep “out of boundaries” awalnya merupakan istilah dalam konteks kelautan yang mengandung arti keluar dari batas. Secara etimologis, Outbound dalam konteks luar ruangan mencakup pengalaman eksplorasi melalui alam terbuka.

Sebenarnya, kegiatan serupa dengan outbound telah hadir sejak zaman Yunani kuno. Meskipun demikian, dalam konteks pendidikan formal, model pendidikan luar ruangan seperti outbound pertama kali diperkenalkan sejak tahun 1821, yang ditandai dengan pendirian Round Hill School di Inggris. Meskipun sudah ada sejak awal abad ke-19, secara sistematik, kegiatan ini baru mendapatkan popularitas di Inggris pada tahun 1941.

Lembaga pendidikan outbound didirikan oleh seorang pendidik berkebangsaan Jerman bernama Kurt Hahn, yang berkolaborasi dengan pedagang Inggris, Lewrence Holt. Bersama-sama, mereka mengembangkan pendidikan berbasis petualangan (adventure-based education).

Ancok (2013) menjelaskan bahwa outbound, sebagai pendidikan melalui kegiatan alam terbuka (outbound training), pertama kali diterapkan pada tahun 1821 ketika Round Hill School didirikan sebagai tempat di mana individu dapat berkumpul untuk belajar tentang berbagai hal dengan kebebasan ruang yang sangat mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain di luar ruangan, seperti ice breaking, dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, termasuk kejujuran.

Pengertian outbound

Beberapa pengertian yang berkembang di Indonesia memberikan pemahaman yang beragam mengenai outbound. Adrianus dan Yufiarti (2006:44), sebagai contoh, menyatakan bahwa kegiatan outbound mencakup unsur-unsur pengembangan kreativitas, komunikasi, mendengarkan efektif, kerjasama, motivasi diri, kompetisi, problem solving, dan percaya diri. Pengalaman dalam sistem pembelajaran outbound diharapkan dapat membuat individu lebih peka terhadap tugasnya, meningkatkan kreativitas, dan menanamkan nilai-nilai kejujuran. Kejujuran dalam konteks ini termanifestasi melalui kompetisi yang dilakukan sesuai aturan, serta pembentukan kepribadian yang termotivasi pada hal-hal yang positif, yang pada gilirannya akan memperkuat nilai kejujuran.

Gass (1993) dan Ancok (2013: 3) menekankan bahwa metode pelatihan dengan menggunakan permainan di alam terbuka, yang dikenal sebagai outbound training, juga dapat digunakan untuk kepentingan terapi kejiwaan. Kegiatan outbound training melibatkan unsur olahraga dan permainan, menciptakan keterlibatan peserta secara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hal ini menghasilkan rangsangan emosional dan motorik pada peserta secara psikologis.

Pandangan Umar (2011) menyatakan bahwa kegiatan outbound memiliki arti sebagai aktivitas di luar ruangan yang melibatkan unsur permainan, edukasi, dan rekreasi. Melalui permainan yang menarik, peserta dihadapkan pada tantangan yang dapat dipecahkan bersama-sama, sambil sesaat melepaskan atribut masing-masing. Dengan demikian, diharapkan terbentuk suasana keakraban, kebersamaan, serta kerjasama tim yang pada akhirnya bermanfaat dalam menangani permasalahan yang lebih besar.

Menurut Badiatul Muchlisin Asti (2009), outbound training adalah kegiatan pelatihan di luar ruangan atau di alam terbuka yang menyenangkan dan penuh tantangan. Kegiatan ini berbentuk simulasi kehidupan melalui permainan kreatif, rekreatif, dan edukatif, baik secara individu maupun kelompok, dengan tujuan mengembangkan diri dan kelompok. Melalui pelatihan outbound, diharapkan muncul individu-individu baru yang penuh motivasi, berani, percaya diri, kreatif berpikir, memiliki rasa kebersamaan, tanggung jawab, kooperatif, saling percaya, dan lain sebagainya.

Outbound di Indonesia

Pelatihan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di alam terbuka berfungsi sebagai katalisator, menyajikan medium perubahan, dan membantu setiap peserta didik untuk lebih memahami kelemahan dan kelebihan individu masing-masing. Metode yang dikenal dengan nama “outward bound” kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Outward Bound pertama kali diperkenalkan di Indonesia sebagai kegiatan pelatihan SDM pada tahun 1990 oleh Djoko Kusumowidagdo. Kegiatan ini dilakukan di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, dan menggunakan lembaga Outward Bound Indonesia yang didirikannya.

Pada tahun 1993, mulai bermunculan lembaga pelatihan dan pengembangan SDM yang menggunakan metode Experiential Learning (EL), Adventure Education (AE), dan Environmental Education (EE). Sekitar tahun 1997, kelompok kegiatan rekreasi juga mulai bermunculan dengan menggunakan permainan yang umumnya digunakan dalam Outward Bound, dengan istilah “outbound.”

Sejak saat itu, istilah “outbound” mulai populer dan terus menggantikan “outward bound,” mencapai puncaknya pada tahun 2001. Pada tahun tersebut, tempat-tempat rekreasi, hotel, resort, bahkan camping ground, menyediakan area outbound dengan memasang flying fox dan highropes sebagai penanda atau simbol tempat outbound.

Outbound vs Outbound?

Dalam ranah jasa perdagangan outbound atau bisnis outbound, terdapat dua kategori yang mencolok dan kadang sulit dibedakan, terutama bagi mereka yang awam. Kedua kategori tersebut adalah:

Outbound sebagai Metode Pendidikan:
  1. Kegiatan ini terfokus pada pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, dikenal sebagai outbound training.
  2. Tujuannya adalah untuk memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada peserta, dengan menekankan aspek pengembangan individu dan tim.
  3. Outbound sebagai metode pendidikan umumnya dilibatkan dalam konteks pelatihan organisasi, pengembangan kepemimpinan, dan peningkatan keterampilan tim.
Outbound sebagai Aktivitas Rekreasi:
  1. Kategori ini lebih dikenal dengan istilah fun outbound, otbond, atau outbound murah, dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar pariwisata yang menggabungkan unsur edukasi dan rekreasi.
  2. Fun outbound menjadi salah satu medium yang disisipkan dalam kegiatan seperti gathering perusahaan, outing kantor, atau kegiatan lain yang melibatkan banyak orang dalam aktivitas wisata.
  3. Fokus utama pada aspek rekreasi dan hiburan, di samping memberikan sentuhan edukatif secara ringan.

Dengan demikian, perbedaan antara kedua kategori ini mencerminkan orientasi utama kegiatan tersebut, yang satu lebih mengedepankan aspek pendidikan dan pengembangan, sementara yang lainnya lebih menitikberatkan pada pengalaman rekreasi dan hiburan.

Outbound training

Outbound merupakan metode pelatihan yang berfokus pada pengembangan diri (personal development) dan pengembangan tim (team development), dengan dasar pengalaman melalui kegiatan di alam terbuka dan pemanfaatan permainan-permainan edukatif. Tujuan utama dari kegiatan ini, secara umum, adalah untuk memupuk rasa percaya diri, meningkatkan keterampilan berkomunikasi, membentuk pola pikir kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam konteks interaksi interpersonal.

Melalui serangkaian kegiatan ini, peserta diharapkan dapat mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara pribadi, menuju fase pendewasaan diri. Outbound menciptakan situasi di mana individu belajar untuk bekerja sama, berkomunikasi efektif, dan menghadapi tantangan bersama. Proses ini tidak hanya membawa pengembangan keterampilan praktis, tetapi juga membantu peserta dalam memahami nilai-nilai kehidupan dan memperdalam pemahaman terhadap diri mereka sendiri.

Secara keseluruhan, outbound bukan hanya merupakan suatu aktivitas, tetapi juga suatu perjalanan pembelajaran yang dapat menciptakan pemahaman yang lebih dalam, membangun kepercayaan diri, serta menciptakan hubungan saling percaya antar sesama.

Recreational outbound

Outbound sebagai aktivitas rekreasi, yang lebih dikenal dengan istilah fun outbound, otbond, atau outbound murah, muncul sebagai respons terhadap kebutuhan pasar pariwisata yang mencari pengalaman outdoor training. Kategori ini menjadi salah satu medium yang diintegrasikan dalam event gathering, outing, dan kegiatan lain yang melibatkan banyak orang.

Sebagai pemenuhi aktivitas rekreasi, fun outbound menonjolkan permainan-permainan edukatif yang disajikan dengan bantuan fasilitator yang memiliki keahlian dalam mengelola wahana permainan outbound. Aktivitas wisata ini tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga menyediakan pengalaman kebersamaan dan kesenangan.

Dengan menghadirkan permainan edukatif, fun outbound menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan ini menarik minat banyak orang karena kombinasi antara rekreasi, pembelajaran, dan interaksi sosial. Sebagai obyek daya tarik wisata, fun outbound menawarkan pengalaman yang unik dan menyenangkan untuk dinikmati oleh berbagai kelompok dan individu.

Outbound sebagai muatan Outing dan Gathering

Outbound Bogor – Outbound sebagai aktivitas rekreasi, yang lebih dikenal dengan istilah fun outbound, otbond, atau outbound murah, muncul sebagai respons terhadap kebutuhan pasar pariwisata yang mencari pengalaman outdoor training. Kategori ini menjadi salah satu medium yang diintegrasikan dalam event gathering, outing, dan kegiatan lain yang melibatkan banyak orang.

Sebagai pemenuhi aktivitas rekreasi, fun outbound menonjolkan permainan-permainan edukatif yang disajikan dengan bantuan fasilitator yang memiliki keahlian dalam mengelola wahana permainan outbound. Aktivitas wisata ini tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga menyediakan pengalaman kebersamaan dan kesenangan.

Dengan menghadirkan permainan edukatif, fun outbound menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Kegiatan ini menarik minat banyak orang karena kombinasi antara rekreasi, pembelajaran, dan interaksi sosial. Sebagai obyek daya tarik wisata, fun outbound menawarkan pengalaman yang unik dan menyenangkan untuk dinikmati oleh berbagai kelompok dan individu.

Paket Outbound Bogor 1D

Paket outbound dengan durasi kegiatan 1 hari di Highland Camp menawarkan pengalaman unik dengan menggabungkan games outbound, perjalanan (journey), dan wisata air terjun. Lokasi yang berbeda-beda memungkinkan adanya penyesuaian dalam alur dan desain program outbound, disesuaikan dengan fasilitas buatan dan alam yang tersedia.

Kegiatan outbound dimulai sekitar jam 08.30 dengan pengenalan dan penjelasan menyeluruh tentang kegiatan yang akan dilaksanakan selama 1 hari. Hal ini bertujuan agar peserta dapat memahami proses kegiatan yang telah ditetapkan.

Pukul 09.00, suasana dihangatkan baik antar peserta maupun dengan instruktur kegiatan. Kegiatan ini mencakup pemanasan dan pelepasan kekakuan, melibatkan semua peserta dan instruktur dalam permainan kelompok besar dan kecil. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa kegembiraan dan semangat positif agar semua peserta dapat berpartisipasi aktif.

Dari jam 10.00 hingga 12.00, kegiatan dilanjutkan dengan games simulasi. Peserta diajak berkompetisi antar grup, mengalami simulasi kompetisi atau persaingan untuk meningkatkan kerja tim dan meraih kemenangan.

Sesi pertama kegiatan outbound berakhir pada jam 12.00, diikuti dengan istirahat makan siang (Ishoma). Setelah Ishoma, peserta diajak dalam journey yang mencakup susur sungai, trekking hutan, dan diakhiri dengan wisata air terjun.

Pada sesi journey ini, peserta outbound akan keluar dari zona nyaman mereka, menelusuri sungai, dan menembus belantara hutan menuju air terjun sebagai tujuan akhir. Peserta akan mengalami interaksi dengan lingkungan dalam kelompok, menciptakan pengalaman petualangan yang berkesan.

Paket Outbound Bogor 2D1N

Outbound dengan durasi 2 hari 1 malam di Highland Camp, dengan penginapan dalam tenda, menawarkan desain program yang disesuaikan dengan lokasi, memastikan keberhasilan kegiatan di venue kami atau lokasi lainnya. Terdapat tiga sesi utama dalam program outbound ini.

Hari pertama didominasi oleh permainan yang menciptakan pengalaman emosional, intelektual, dan fisikal bagi peserta. Kegiatan dimulai dengan ice-breaking dan warming-up untuk membentuk rasa persahabatan dan menciptakan suasana yang menyenangkan. Selanjutnya, peserta akan terlibat dalam permainan pembentukan tim (team building) dengan berbagai simulasi, baik dalam kelompok besar maupun kelompok kecil. Sesuai dengan lokasi dan kegiatan, sesi outbound pada hari pertama akan berakhir pada pukul 05.00 sore.

Malam harinya, peserta akan berpartisipasi dalam malam kebersamaan di sekitar api unggun. Kegiatan ini melibatkan berbagai aktifitas seperti internal sharing dan kegiatan yang muncul dari peserta sendiri. Setelahnya, peserta kembali ke tenda untuk istirahat malam pada pukul 10.00.

Hari kedua dimulai dengan energizer pada pukul 06.00, diikuti dengan sarapan. Setelah sarapan, peserta akan terlibat dalam games simulasi dan kompetisi, dilanjutkan dengan journey menelusuri arus sungai dan hiking di hutan menuju air terjun. Hari kedua ini akan diakhiri dengan wisata air terjun, menambahkan dimensi petualangan dan kebersamaan pada pengalaman outbound.

Tempat outbound di Bogor

Outbound Bogor – Tempat outbound di Bogor merujuk pada pusat-pusat kegiatan outbound di kabupaten/kota Bogor, melibatkan kawasan pariwisata Puncak, Sentul, Pancawati, Lido, Ciawi, dan Cibodas yang berlokasi di perbatasan antara Bogor dan kabupaten Cianjur.

Sebagian besar tempat outbound di wilayah ini tidak memiliki instalasi permanen untuk games outbound. Beberapa tempat outbound akan menyediakan games yang disesuaikan dengan desain program yang telah dibuat, sementara beberapa lainnya sudah memiliki permainan outbound yang dipasang secara permanen. Games outbound yang umumnya dipasang secara permanen melibatkan highropes, seperti flying fox, burma bridge, Cargo Net, Two line Bridge, dan sebagainya.

Pemilihan tempat outbound tidak hanya berdasarkan keberadaan perlengkapan outbound permanen di lokasi, tetapi juga pada lokasi yang sering digunakan untuk kegiatan outbound dalam event gathering perusahaan. Sebagian besar tempat outbound di Cibodas, Puncak, Bogor, dan Pancawati tidak memasang peralatan outbound secara permanen di venue mereka. Resort, cottage, villa, dan hotel biasanya menyediakan lapangan kegiatan yang dapat dipasangi games oleh penyelenggara acara outbound (EO). Namun, pada beberapa lokasi tertentu, permainan outbound ketinggian (Highropes) sudah terpasang secara permanen.

Berikut ini adalah beberapa resort, cottage, dan camping ground yang mendukung kegiatan outbound di Bogor:

Highland Camp Curug Panjang

tempat outbound bogor

Highland Camp Curug Panjang adalah bumi perkemahan yang mengusung konsep berkemah dalam nuansa alam Taman Nasional di pegunungan Halimun. Terletak di lingkungan hutan pegunungan yang dipertahankan secara alami, Highland Camp Curug Panjang menambahkan sentuhan kenyamanan dan keamanan dalam aktivitas wisata minat khusus dan petualangan.

Bumi perkemahan Curug Panjang dikelola oleh Highland Indonesia Group, dan camping ground ini menawarkan keindahan lanskap buatan yang menyatu dengan pesona alam. Tempat berkemah ini dirancang dengan pola keteraturan yang menyatu dengan keajaiban hutan pegunungan dan elemen air. Highland Camp Curug Panjang memiliki dua karakter fasilitas yang dapat dinikmati oleh para wisatawan yang melakukan aktivitas di bumi perkemahan Highland Camp Puncak Bogor.

Fasilitas alam termasuk hutan dan sungai, yang dilengkapi dengan jalur interpretasi, jalur treking/hiking dengan beragam karakter dan tantangan unik. Terdapat juga tiga jalur telusur sungai yang mengarah ke rute pendakian Curug Saimah.

Dengan daya tampung lebih dari 700 orang, Highland Camp Curug Panjang dirancang untuk mendukung kegiatan rekreasi, edukasi, pelatihan, dan pengembangan sumber daya manusia berbasis kemah dan petualangan. Keberadaan elemen hutan, sungai, dan air terjun menjadi penguat utama untuk setiap aktivitas di tempat ini.

Citra Alam Riverside

tempat outbound bogor

Citra Alam Riverside merupakan tempat outbound dengan konsep camping ground yang terletak di Jogjogan, Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini menawarkan fasilitas High Ropes untuk kegiatan outbound, yang merupakan lintasan permainan tinggi yang dirancang untuk aktivitas di ketinggian dengan berbagai model permainan.

Beberapa permainan ketinggian (High Ropes) yang tersedia di Citra Alam Riverside mencakup:

  1. Flying Fox: Titik peluncuran terletak pada ketinggian sekitar 15 meter dengan panjang lintasan mencapai 300 meter yang melintasi sungai Ciliwung. Setiap peserta outbound akan mengalami pengalaman peluncuran dengan menggunakan standar keamanan seperti full body harness, helm, dan perlengkapan lainnya.
  2. Rangkaian permainan ketinggian: Berjalan di atas tali, merayap, dan meluncur dengan lintasan yang memiliki ketinggian +6 meter. Panjang lintasan bervariasi antar tiap permainan.

Terdapat dua rangkaian lintasan permainan High Ropes di Citra Alam Riverside, termasuk berbagai elemen seperti spiderweb, rail wood, balance beam, fly board, middle flying fox, tapak kuda, sky ring, long flying fox, dan elvis walker.

Selain itu, permainan Low Ropes Outbound Games dapat diinstal di area yang kosong di campsite atau lokasi lainnya. Low Ropes merupakan serangkaian rintangan nyata atau imajiner yang dirancang untuk kegiatan pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia berbasis experiential learning (EL). Ini menjadi media dalam mentransformasikan pembelajaran terhadap kelompok maupun individu, mendorong kerjasama, dan mencapai tujuan bersama.

Griya Sawah Lega

tempat outbound bogor

Griya Sawah Lega menyajikan berbagai fasilitas untuk kegiatan outbound di Jogjogan, Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati antara lain:

  1. Flying Fox: Merupakan wahana permainan ketinggian dengan lintasan sepanjang 250 meter yang melintasi areal persawahan, memberikan pengalaman yang mendebarkan.
  2. Lapangan Kegiatan: Terdapat dua lapangan utama yang dirancang untuk menfasilitasi berbagai kegiatan outbound dengan games yang diinstal pada saat kegiatan berlangsung.
  3. Cottage: Terdapat 4 unit cottage berbahan kayu, dilengkapi dengan fasilitas seperti TV, air panas, teras, dan balkon yang menghadap lapangan dan taman.
  4. Bungalow: Sebuah bangunan bungalow berbahan kayu dengan 4 kamar, dapat menampung sekitar 29 tempat tidur. Fasilitasnya meliputi TV, air panas, balkon, dan dapur lengkap dengan peralatan memasak, dengan pemandangan taman dan kolam.
  5. Room: Kamar-kamar menginap berbahan beton/tembokan, dilengkapi dengan fasilitas TV, air panas, dan pemandangan yang menghadap taman dan kolam renang.
  6. Rumah Bambu: Terdapat 4 unit rumah bambu, masing-masing dengan 2 kamar tidur, serta fasilitas seperti TV, air panas, dan teras yang menghadap persawahan dan lapangan berkemah.
  7. Barak: Menyediakan tempat tidur untuk 30 orang dengan fasilitas TV, air panas, dan teras yang menghadap sawah, kolam renang, dan gunung.

Fasilitas lainnya yang dapat dinikmati termasuk kolam renang, tempat billiar, taman yang sejuk, gazebo, mushala, lapangan parkir, aula pertemuan, dan berbagai fasilitas lainnya yang menunjang kegiatan rekreasi, edukasi, dan outbound.

Eagle Hill Megamendung

tempat outbound bogor

Eagle Hill Outbound Camp Megamendung, yang terletak di Jl. Al Barokah, Desa Megamendung, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat, mencakup luas area sebesar 12 hektar. Desainnya dikhususkan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan outbound, baik itu training outbound maupun recreational outbound.

Camp Eagle Hill didesain untuk memberikan fasilitas yang memadai dalam menyelenggarakan pelatihan, gathering, dan kegiatan lainnya di suasana berkemah. Terletak di lingkungan pegunungan yang asri, camp ini menggunakan tenda sebagai tempat menginap, memberikan pengalaman berkemah yang autentik dan mendalam.

Dengan luas area yang cukup besar, Eagle Hill Outbound Camp Megamendung memberikan ruang yang memadai untuk menyelenggarakan berbagai jenis kegiatan outbound, menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.

Gayatri Mountain Adventure

tempat outbound bogor

Gayatri Mountain Adventure, sebagai tempat outbound di Puncak Bogor dengan menggunakan tenda sebagai tempat menginap, menawarkan pengalaman unik di ketinggian Puncak. Terletak di perbatasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tempat ini menawarkan dukungan alam yang beragam, mulai dari perkebunan teh hingga hutan campuran.

Meskipun tidak terdapat perangkat games outbound yang dipasang secara permanen, Gayatri Mountain Adventure menyediakan lapangan-lapangan kecil di sekitar camping ground yang dapat diatur untuk kegiatan outbound. Hal ini menciptakan fleksibilitas dalam desain program outbound sesuai dengan kebutuhan acara, termasuk setting panggung untuk gathering perusahaan.

Pada malam hari, peserta outbound dapat menikmati pemandangan indah kota Jakarta dan Bogor yang disulap oleh lampu berwarna-warni. Dengan suhu malam yang bisa mencapai 13 derajat Celsius, berbagai aktivitas malam seperti api unggun, barbekyu, kambing guling, dan lainnya dapat dinikmati untuk melengkapi pengalaman outdoor mereka.

Taman Budaya

tempat outbound bogor

Taman Budaya di Jl. Siliwangi No.1, Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, meluas hingga 6 hektar dengan latar belakang pemandangan Gunung Pancar, Gunung Salak, dan Gunung Gede. Terletak di lokasi yang strategis, Taman Budaya Sentul mampu menyelenggarakan kegiatan outbound baik dalam skala kecil maupun besar.

Taman Budaya Sentul Bogor memiliki Green Centrum, sebuah ruang hijau yang luas dan dilengkapi dengan berbagai wahana dan permainan outbound seperti flying fox, jaring, serta rintangan lainnya. Tempat ini merupakan destinasi outbound terbesar di Jawa Barat dan dianggap sebagai yang terbesar di Indonesia. Taman Budaya Sentul menawarkan beragam jenis permainan yang dibagi ke dalam empat kategori, yaitu Adventure Center, Culture Center, Grand Center, dan Facilities Center.

Talaga Cikeas Resort Sentul

tempat outbound bogor

Talaga Cikeas Resort dan Outbound Sentul merupakan penginapan berkonsep resort untuk kegiatan outbound di sekitar Sentul, Bogor. Terletak di Jl. Babakan Tumas, Cikeas, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, resort ini menawarkan suasana lingkungan yang hijau, asri, dan masih alami dengan luas areal sekitar ± 8 hektar.

Fasilitas yang disediakan oleh Talaga Cikeas Resort dan Outbound Sentul untuk mendukung kegiatan family gathering dengan muatan outbound atau outing kantor meliputi danau, sampan di talaga, kolam renang, kolam ikan, campground, dan tempat outbound. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana loghome yang bergaya country.

Panjang Jiwo Resort 

tempat outbound bogor

Resort Panjang Jiwo di Sentul merupakan pilihan tempat untuk kegiatan outbound yang telah berdiri sejak tahun 1998. Berlokasi di Kp. Babakan Ujung Jl. Cikeas Raya, Cadas Ngampar, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, resort ini menempati areal seluas 3 hektar yang dikelilingi oleh lingkungan asri dan lestari. Suasana resort ditandai dengan keberadaan berbagai macam bunga segar yang tumbuh di sekitar lokasi.

Panjang Jiwo Resort menawarkan lokasi yang ideal untuk melaksanakan event gathering perusahaan dengan muatan outbound dan outing kantor. Fasilitas yang tersedia di resort ini mencakup gedung pertemuan, danau buatan, taman, gardu pandang, kolam renang, kolam pemancingan, area jogging, lapangan olahraga, gazebo, musholla, area parkir, toilet, dan fasilitas lainnya.

Villa Ratu

tempat outbound bogor

Villa Ratu adalah sebuah penginapan yang juga menyediakan fasilitas untuk kegiatan outbound di Pancawati, Bogor. Terletak di kaki Gunung Pangrango, Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tempat ini menawarkan suasana pedesaan dengan udara sejuk dan pemandangan hijau.

Kompleks perumahan ini memiliki fasilitas dengan luas areal sekitar 3 hektar dan dapat menampung sekitar 500 orang untuk kegiatan outbound berdurasi 2 hari 1 malam (menginap) dan sekitar 1500 orang untuk one day trip. Fasilitas yang tersedia meliputi flying fox, lapangan kegiatan outbound, saung bambu, dan lainnya.

Jambu Luwuk

tempat outbound bogor

Jambu Luwuk ATV & Outbond Field berlokasi di Jambuluwuk Puncak Resorts, yang terletak di Jl. Veteran III Jl. Tapos Lbc No.63, Jambu Luwuk, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jambuluwuk Puncak Resorts adalah vila kayu dengan desain tradisional yang menawarkan pemandangan Gunung Pangrango dan Gunung Salak. Tempat ini menyediakan fasilitas ATV dan lapangan untuk kegiatan outbound.

Outbound Bumi Tapos

tempat outbound bogor

Bumi Tapos, terletak di Jl. Veteran III No.16, Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, merupakan tempat outbound dengan daya tampung kamar yang dapat menampung lebih dari 250 orang. Selain itu, area lapangan outdoor yang sering digunakan dapat menampung hingga 500 orang. Tempat ini cocok untuk kegiatan outbound dengan skala besar.

Camp Hulu Cai 

tempat outbound bogor

Hotel Hulu Cai menawarkan beragam fasilitas dan amenitas, termasuk cabin, kamar atau room, restoran, kolam renang, dan fasilitas lainnya. Tempat ini memiliki taman buatan yang menjadi fasilitas wisata alam, yang memberikan suasana alam yang menyenangkan. Fasilitas menginap dan amenitas yang disediakan di Hotel Hulu Cai didesain untuk mendukung berbagai kegiatan seperti outbound, gathering, outing, meeting, dan wisata dengan berwawasan alam.

Dewi Resort Pancawati

tempat outbound bogor

Dewi Resort Pancawati di Pancawati Bogor adalah tempat outbound yang sering digunakan untuk kegiatan gathering perusahaan atau outing kantor. Terletak di Raya Cikereteg, Veteran 1, Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tempat outbound ini menyediakan fasilitas menginap dengan daya tampung hingga 200 orang untuk kegiatan yang melibatkan menginap, dan hingga 500 orang untuk one day trip atau kegiatan sehari.

Selain sebagai tempat outbound rekreasional (fun outbound), Dewi Resort Pancawati juga menyelenggarakan kegiatan outbound training seperti program team building dan character building. Fasilitas pendukung kegiatan outbound di tempat ini meliputi penginapan, ruang pertemuan, lapangan outdoor, mushola, kolam renang, toilet, tempat parkir, dan lainnya.

Kinasih Resort Bogor

tempat outbound bogor

Wisma Kinasih atau Kinasih Resort & Conference merupakan tempat outbound di Bogor dengan resor sebagai tempat menginapnya. Wisma Kinasih, yang dibangun sejak tahun 1980 dan berlokasi di Jalan Raya Sukabumi KM.17, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyediakan fasilitas outbound.

Untuk menunjang kegiatan outbound, Wisma Kinasih memiliki lapangan-lapangan sebagai tempat menginstall permainan outbound (outbound games). Area tersebut terletak di kawasan hutan pinus yang ada dalam lingkungan wisma Kinasih, menciptakan suasana alam yang mendukung kegiatan outdoor.

Simpulan dan FAQ Outbound Bogor

Outbound Bogor – Benar, outbound memang dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu sebagai media pelatihan dan pengembangan SDM serta sebagai kegiatan rekreasi atau fun outbound. Kategori pertama lebih berfokus pada pengembangan keterampilan dan kemampuan personal maupun tim, sementara kategori kedua lebih menekankan pada aspek rekreasi dan hiburan.

Dalam konteks fun outbound, wahana seperti flying fox, burma bridge, dan permainan lainnya seringkali dijadikan daya tarik utama di berbagai tempat rekreasi, hotel, dan resort. Hal ini menjadi populer karena kegiatan tersebut tidak hanya memberikan kesempatan untuk bersenang-senang, tetapi juga membangun kebersamaan, kekompakan tim, dan pengalaman yang menyenangkan bagi peserta.

Q : Kemana saya dapat merencanakan kegiatan outbound Bogor?

A : Jika Anda ingin merencanakan kegiatan outbound di Bogor dan di Puncak, Anda dapat mengunjungi situs Highland Indonesia Group atau menghubungi Hotline di nomor +62 811 1200 996. Mereka dapat membantu Anda merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan outbound sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Home » Blog » Outbound Bogor, Rekomendasi Paket dan Tempat